Apr 23, 2015

CARA APLIKASI VISA SCHENGEN YUNANI

AKHIRNYA!!! Saya dan Diyan dapat juga visa Schengen lewat Yunani.
Prosesnya dimulai sejak bulan Februari, waktu dapat tiket Qatar Airways diskon untuk penerbangan Jakarta-Athens-Jakarta. Awalnya sulit sekali kami mendapat informasi tentang visa Yunani karena orang Indonesia kalau ke Eropa biasanya masuk lewat negara lain. Lalu dapat gosip macam-macam, bahwa mendapatkan visa Schengen Yunani itu susah dan harganya mahal, 3,3 juta per orang! 
Setelah kasak-kusuk tanya sana-sini, dapat juga rekomendasi kenalan-kenalan dari Susan Pergi Dulu dan Febbie Jalan2Liburan yang bisa ditanyakan. Informasi yang cukup detail kami dapatkan dari Riri Sagita. Sebetulnya Riri sudah menuliskan pengalamannya mendapatkan visa Schengen lewat Yunani, di blognya ini. Tapi supaya bisa nanya-nanya lebih detail, kami ketemuan langsung. Selain dari Riri, kami juga dapat informasi dari petugas kedutaan Yunani di tempatnya.

Senang deh, ada alfabet aneh di paspor saya!

Oke, jadi, singkatnya bagaimana sih cara aplikasi visa Shcengen via Yunani?
Sori, memang nggak bisa singkat. 
Jadi, begini.. (CATATAN: INI PERSYARATAN SAAT SAYA DAFTAR VISA DI TAHUN 2015.)
Persyaratan lengkapnya ada di sini, klik aja. Sedangkan yang saya dan Diyan kumpulkan untuk aplikasi, seperti berikut ini:
1. Formulir visa, diisi dalam Bahasa Inggris.
- Formulir sebaiknya diambil langsung di kantor kedutaan Yunani, karena yang di Internet belum tentu format terbaru.
- Di Jakarta, kantor kedutaan Yunani berada di gedung Plaza 89, lantai 12, Jl. Rasuna Said (sepertinya memang cuma ada di Jakarta).
2. Paspor asli dan 1 fotokopi paspor (halaman biodata).
- Paspor harus masih berlaku hingga minimal 6 bulan ke depan. Kalau ada paspor lama, boleh juga dilampirkan.
3. 1 lembar fotokopi KTP
- Lebih baik dalam ukuran A4, nggak perlu dipotong sesuai ukuran KTP, supaya nggak keselip.
4. 1 lembar fotokopi Kartu Keluarga
5. 2 lembar pas foto ukuran 4x6cm berlatar belakang putih.
- Oops, kami cuma melampirkan 1 foto waktu itu, tapi ternyata nggak apa-apa.
6. Tiket pesawat pulang-pergi perjalanan ke Yunani. Nggak boleh one way ticket.
7. Bukti kondisi keuangan (biasanya sih rekening koran) sejak 3 bulan sebelum pengajuan visa.
- Rekening koran kami dari bank BCA, Mandiri, dan Commonwealth Bank (Commbank). Biaya cetak rekening koran di BCA dan Mandiri waktu itu Rp2.500/lembar, di Commbank Rp25.000/bulan. Ih, mahal banget ini Commbank!
8. Surat pengantar dari kantor tempat kamu bekerja, fotokopi SIUPP atau Akte Perusahaan yang dilegalisir oleh notaris, Kemenlu, dan Kemenkumham. INI POIN YANG PALING RIBET!
- Surat pengantar dari kantor ditandatangani oleh orang selain kamu. Biasanya sih, atasan kamu  atau pihak HRD.
- Karena saya pekerja lepasan, nggak bisa minta surat keterangan kerja dari klien, apalagi pinjam SIUPP atau Akte Perusahaan. Jadi, cuma Diyan (suami saya) yang bikin persyaratan poin ini.
- Karena saya nggak ada surat keterangan kerja, Diyan menyebutkan di suratnya bahwa ia menanggung saya selama di perjalanan.
- Petugas kedutaan menekankan bahwa poin ini sangat penting dan memang berbeda dengan aplikasi visa Schengen ke negara lainnya. Alasan mereka sangat ketat tentang pernyataan kerja adalah karena negara Yunani sedang mengalamai krisis ekonomi, banyak pengangguran di sana, jadi mereka takut kalau orang asing ada yang coba-coba cari kerja di sana, mengambil ‘lahan’ dari rakyatnya yang sedang susah.
9. Asuransi perjalanan dengan perlindungan minimal 35.000 euro per orang selama perjalanan.
- Riri mendaftar asuransi ACA, teman-teman saya yang lain ada yang pakai asuransi Zurich. Macam-macam deh penyedia jasa ini. Setelah browsing dan membanding-bandingkan besar premi serta perlindungannya, kami memilih asuransi AXA Smart Traveller untuk keluarga. Kami memilih asuransi ini karena bisa diurus online.
- Perlindungan asuransi kami ini 200.000 USD untuk satu keluarga dan preminya 105 USD untk 26-31 hari perjalanan.
- Untuk asuransi perorangan, mereka juga punya, kok.
- Kami mendaftar cukup secara online di website resmi AXA Insurance, tapi sebelumnya sudah menelepon mereka untuk nanya-nanya lebih detail. Kalau mau menelepon, di hari dan jam kerja, ya.
10. Bukti reservasi akomodasi selama perjalanan.
- Kami ingin sebanyak mungkin menginap di AirBnB, tapi kami nggak mau memesan kamar sebelum benar-benar dapat visa. Sesuai saran beberapa teman, kami memesan semua akomodasi lewat Booking.com karena mereka nggak mengharuskan bayar down payment, dan ada tenggang waktu cukup panjang (kira-kira 2-4 minggu) untuk membatalkan pesanan tanpa penalti.
- Perjalanan kami selama sebulan, maka bukti reservasi akomodasi yang harus kami lampirkan, ya selama sebulan itu. Kalaupun berencana mau kamping di Yunani, ada tempat-tempat kamping yang bisa direservasi.
- Begitu mendapat kabar visa disetujui, kami membatalkan beberapa pesanan lewat Booking.com, lalu memesan penggantinya di AirBnB. Senang, karena sebagian hosts AirBnB ini miara kucing!
(Psst! Kalau mau voucher AirBnB, sign up lewat tautan ini, ya!)
11. Bukti reservasi transportasi selama di Yunani.
- Jika kamu akan jalan-jalan di kepulauan, mereka minta bukti reservasi feri atau pesawat antar pulau. Jika rute jalan-jalan hanya di bagian semenanjung (mainland), kamu nggak harus menyertakan tiket bus ataupun kereta.
12. Rute perjalanan selama di Yunani.
- Sebenarnya ini nggak ada di daftar persyaratan, tapi perlu juga dilampirkan, karena mereka ingin tahu ke mana saja kita selama di sana.
13. Biaya visa Rp1.100.000/orang.
- Di loket terdapat informasi biaya visa cuma 60 euro, yang seharusnya waktu itu setara dengan Rp900.000-an per orang. Kata petugas loket, harganya jadi 1,1 juta karena.. karena apa, ya? Lupa, si Bapak menjawab apa, tapi harganya dituliskan di kwitansi, sih.

Nyiapin persyaratan malam-malam, walhasil foto buram gini.

TAHAP-TAHAP APLIKASI VISA SCHENGEN YUNANI
Ini adalah tahap-tahap yang waktu itu kami lalui:
  1. Minta lembar persyaratan sekaligus formulir visa di kantor kedutaan Yunani. Selagi ada kesempatan ketemu petugasnya, tanya aja segala detail yang belum jelas bagi kamu.
  2. Persiapan segala persyaratan.
  3. Telepon kedutaan untuk minta tanggal aplikasi sekaligus wawancara. Tahap ini bisa dilakukan sembari melakukan tahap 2. Jangan mepet ya nelepon mereka, soalnya siapa tahu lagi banyak yang mengajukan aplikasi, bisa-bisa kamu terlambat dan akan hangus deh tiket pesawat yang sudah dibeli!
  4. Datang ke kedutaan pada tanggal dan waktu yang telah ditentukan dengan membawa segala persyaratan. Setelah menyerahkan persyaratan, nunggu sebentar untuk wawancara.
  5. Wawancara. Nggak ada ketentuan harus pakai baju bagaimana, tapi kami rapi dengan standar kami (pakai kemeja/blus, celana panjang, dan sepatu). Waktu itu kami ditanya dari mana dapat informasi rute yang detail (ya dari Internet, lah!), apa uang kami akan cukup untuk selama di sana (kami sudah hitung, nanya teman, dan gak akan jalan-jalan mewah juga sih), dan dari mana kami dapat uang untuk bisa menabung sebanyak itu (jawab aja yang jujur, tapi jangan ngaku kalau kamu piara tuyul).
  6. Cap sidik jari digital dan bayar tunai setelah wawancara.
  7. Disuruh menunggu seminggu untuk mengambil visa, dan ditekankan untuk nelepon dulu sebelum datang ke sana lagi.
  8. Seminggu kemudian saya menelepon. Ternyata, persyaratan sebenarnya sudah disetujui, tapi masih harus menunggu tanda tangan dari wakil dubes yang saat itu sedang ke luar kota. Jadi, mesti menunggu seminggu lagi. Duh, kentang!
  9. Seminggu kemudian saya menelepon, ternyata si bapak belum menandatangani. Besoknya, saya yang ditelepon, diberi tahu bahwa visa sudah bisa diambil. HOREEEE!!! 


WE'RE GOING TO GREECE! 



Jadwal perjalanan sudah rapi tersimpan di TripIt app! Woohoo!



CATATAN TAMBAHAN (INI INFORMASI DI TAHUN 2015, YA.)

- Rekening tabungan euro
Saya sudah mencicil ngumpulin uang euro sejak bertahun-tahun yang lalu, saat kurs euro lagi rendah. Pas mau daftar visa, saya baru nyadar bahwa kita perlu menunjukkan rekening koran. Jadi, saya bikinlah rekening tabungan untuk menyimpan euro.
Dari 3 bank yang saya tanyakan (BCA, Mandiri, dan Combank), cuma Combank yang bisa bukakan rekening euro dengan persyaratan yang mudah dan nggak mahal.
Ketentuan-ketentuannya:
  • Setoran awal minimal 100 euro.
  • Biaya administrasi bulanan 0,5 euro.
  • Biaya penutupan rekening 5 euro.
  • Kalau nggak salah, biaya administrasi buka rekening itu 1 euro, biaya penarikan sebesar berapa % dari jumlah uang yang ditarik, saya lupa, tapi kecil kok.
  • Bunga tabungan 0%.
Tabungan euro di Combank cuma bisa dibikin di bank pusat, yaitu di Wisma Metropolitan 2 (kompleks WTC itu, lho), Jl. Jend. Sudirman.
Sayang sekali tabungan ini nggak mengeluarkan kartu ATM, berbeda dengan tabungan USD.
Coba buka tautan ini kalau mau tahu lebih banyak infonya.

- Kontak langsung kedutaan Yunani
Yang saya tuliskan di atas adalah semua yang saya tahu berdasarkan pengalaman sendiri. Kalau ada hal lain yang kamu kurang jelas, silakan langsung bertanya ke kedutaan Yunani. Kalau tanya ke saya, kemungkinan besar saya nggak tahu jawabannya.

EMBASSY OF GREECE
Plaza 89, Suite 1203, 12th floor
Jl. H.R. Rasuna Said Kav. X-7 no 6, Jakarta 12940
Telp: 021 5207776 / 5272471
Fax: 021 5207753

Okeh. Tinggal 10 hari lagi keberangkatan kami ke Yunani. Tiap ingat itu, rasanya ada yang menggelitik-gelitik di perut, kayak lagi mau ketemu kecengan! Semoga perjalanan ini lancar.


Update: 
Kisaran biaya jalan-jalan di Yunani berdasarkan pengalaman saya, ada di sini.





153 comments:

  1. Selamat bersenang-senang di Yunani ya, ini waktu yang tepat banget pergi kesono karena negaranya nyaris bangkrut jadi apa-apa murah.
    Dari Yunani, jika ada waktu jalanlah sedikit ke utara, mungkin kita bisa ketemu di suatu tempat di Jerman, kalian juga bisa menginap di tempat kami untuk beberapa malam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih, mas Haris. iya ya, banyak yang bilang Yunani lebih murah daripada negara2 Eropa lainnya, tapi buat duit Rupiah sih tetap aja mahal juga :P
      Wah, udah pulang nih mas, baru nyampe Jakarta. Jerman itu ada di 'to-go' list saya, karena banyak juga yang menarik di sana. Semoga bisa cepat nabungnya untuk ke sana :D

      Delete
  2. Kece yaaa kak ... mana cerita santorini nya :-) #menanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. huhuuu..iya nih aku udah pengen banget ngeblog, tapi belum sempaaat :(

      Delete
  3. makasih infonya,,
    mantap

    ReplyDelete
  4. Halo kak, mau tanya nih, apakah tabungan dalam bentuk euro itu diwajibkan ya? jika ya, kira-kira butuh nominal di range berapa euro yah isi tabungannya untuk bisa lolos visa nya? Saya berencana september nanti ingin honeymoon di Yunani.. hehe.. thax b4..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Dorothy, pertama2, selamat yaaa! semoga pernikahannya lancar :D

      Tabungan nggak diwajibkan dalam bentuk euro kok, itu cuma inisiatif saya aja karena kebetulan nilai euro lagi lumayan jatuh, jadi sekalian tukar uang aja. Tabungan dollar maupun rupiah nggak masalah kok.

      Dengan kondisi perekonomian Yunani yang semakin terpuruk sekarang ini, semoga pengurusan visanya nanti masih lancar yaa.. :)

      Delete
  5. Luar biyasak, punya tabungan euro!

    Kalau jadi bangkrut ke sana ah, cari garage sale.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha..dan begitu dapat visa, tabungannya ditutup, karena gak bisa tarik pake ATM di sana dengan tabungan itu.
      eh titip ya belanja garage sale-nya!

      Delete
  6. Sovy winata12:36 PM

    Hi mba vira bole tny, kan di yunani ud officially bankrupt thu, msh aman ga yah utk jln2 kesana? Oiya sama ak bole tau itinerary nya pas di yunani kmn2 aja? Thx sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sovy,
      aku ke sana pas Yunani belum bangkrut. Tapi baru-baru ini ada teman yang ke sana sesudah Yunani bangkrut, katanya sih aman-aman aja. Tapi lebih aman kalo bawa uang tunai, agar tidak repot pas perlu uang taunya dana di ATM terbatas. Ada yang bilang, kalo pake kartu kredit terbitan bank di luar Yunani sih nggak masalah, tapi untuk jaga2 mungkin sebaiknya siapkan uang tunai yang cukup.

      Itinerary saya ada di tulisan ini http://sapijalanjalan.blogspot.com/2015/06/kembali-dari-perjalanan-yunani.html bagiah bawah banget, sebelum foto terakhir. Nggak detail ngapain aja, tapi ada rutenya.

      Delete
  7. Sovy winata1:43 PM

    Hi mba vira, sama satu lagi, bole minta tlg contoh surat pengantar kerja nya ky gmn? Klo pasangan suami-istri, boleh salah satu aja kan, asalkan nama pasangannya disebut, itu formatnya ky gmn yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh :)
      minta alamat email Sovy ya, nanti saya kirimkan contohnya.

      Delete
    2. Hi mba vira
      wah makasih bnyk yaah, bisa tlg dikirim ke email : sovy_winata@yahoo.com

      Delete
    3. Oiya mbak vira bole tny lg,
      Utk dpt legalisir dr kemenlu & kemenkumham, itu perlu request dl dr bos/direktur perusahaan tmp kita kerja atau kita sndr bs lgs dtg ke loketnya utk minta dilegalisir?

      Delete
    4. Oiya mbak vira bole tny lg,
      Utk dpt legalisir dr kemenlu & kemenkumham, itu perlu request dl dr bos/direktur perusahaan tmp kita kerja atau kita sndr bs lgs dtg ke loketnya utk minta dilegalisir?

      Delete
    5. Hi Mbak Vira, saya boleh liat juga surat pengantar tersebut ? alamat email saya adalah amrit@id.mifx.com thk u very much.

      Juga ada bingung mengenai banyak nya legalisir, apakah sign diatas kop surat perusahaan tidak cukup ? much thx for ur reply

      Delete
  8. hi mbak vira boleh dibantu juga format surat pengantar dan surat yang menanggung orang lain selama dalam perjalanan bisa di email ke saya mbak.

    alwin.handaya@gmail.com

    terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas,
      sudah saya email ya barusan

      Delete
    2. hai mba vira saya minta contoh surat tanggungan orang tua nya dong email saya ya ke jati.wijayanti@gmail.com

      Delete
  9. Hai Vira, bolehkah aku dikirim juga surat surat spt yang diminta temen temen di atas... Terimakasih banyak sekali sebelumnya.....

    ReplyDelete
  10. Replies
    1. Untuk pengajuan visa ini kita minimal harus punya saldo berapa di rekening koran say? Makasih ya info nyaaa..

      Delete
    2. jumlah minimal saldo nggak ditentukan dalam persyaratan. bahkan pas saya nanya ke petugas kedutaan, dia juga gak bisa kasih angka. tapi berdasarkan saran teman-teman yang udah lebih pengalaman bolak-balik ke Eropa, kami memutuskan untuk sedia Rp1juta/hari per orang. jadi, karena perjalanannya 30 hari, kami sedia 30 juta /orang di luar biaya tiket dan asuransi.

      Delete
    3. Hi Mbak Vira, Saya mau konferensi ke Bulgaria bulan November ini dan berencana mampir ke Yunani pulangnya. Minta info dong apakah utk mampir ke Yunani kita bisa pakai Visa On Arrival atau harus urus schengen di Jakarta mengingat saya di sana hanya satu setengah hari.
      Makasih sebelumnya ya.

      Delete
    4. Halo Mbak Ira,
      peraturan yang saya tahu sih, daftar visa Schengen ke negara yang paling lama kita kunjungi. Soal VOA di Yunani saya nggak pernah dengar.

      Delete
  11. Kak.. aku mau tanyaa.. SIUPP tu apa yaa? Saya mahasiswa dan disana rencana mau stay sma keluarga. Nah itu SIUPP mta dari universitas apa gimana? Bisa mta emailnya ga kak? Makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, SIUPP bisa di-google kok, banyak keterangannya :)
      kalau kamu mau ke sana dengan keluarga, mungkin bisa orang tua yang ngurusin dengan menggunakan akte perusahaan dsb. (btw, keluarga nih maksudnya dgn orang tua juga atau bukan?)

      Delete
  12. Oya kak.. ni emailku.. sekalian mta tolong send surat2 yang d butuhin dong.. mau liat contohnya.. chandralins@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  13. Sekalian format surat pengantar dan surat yang menanggung orang lain selama dalam perjalanan bisa?

    ReplyDelete
  14. Hii Mba vira.. Salam Kenall, aku juga mauu dong contoh surat2 utk aplikasi visa yunani..
    Email: lemartha87@gmail.com
    Terima kasih

    ReplyDelete
  15. hii mba vira...april thn ini saya mau ke turki dan yunani, tapi tiket pesawat saya pp nya turki, itu akan bermasalah atau ga ya? kalo saya beli tiket perjalanan dari turki ke yunani takutnya nanti visa yunani nya di tolak jadinya hangus deh tiketnya, karena setahuku utk beli tiket transportasi antar eropa itu ga bisa di booking dulu melainkan harus langsung dibeli....kalo mba vira waktu itu memang sudah beli semua tiket akomodasi selama di yunani atau gmana?

    trus utk asuransi itu wajib ya? asuransi itu berlakunya berapa lama ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Mba Putri..
      sepertinya sih, masuk ke Yunani dari negara mana pun kita tetap perlu punya visa Schengen, ya. Ada teman saya (yang blognya saya pasang juga link-nya di dalam artikel ini, Riri namanya) yang masuk ke Yunani dari negara lain, gak langsung dari Indonesia. Bisa aja sih asal persyaratannya lengkap.

      Saya juga pas daftar visa sudah beli tiket pesawat ke Yunani, jadi memang agak bertaruh juga, makanya deg-degan waktu itu aplikasinya tembus atau nggak.
      kalau soal akomodasi, saya waktu baru booking aja di booking.com, karena mereka gak pake DP dan bisa dibatalkan sampe tanggal tertentu.
      Asuransi itu wajib, disyaratkan untuk aplikasi visa Schengen yang ke Yunani. Berlakunya beda-beda, Mbak. Bisa tanyakan langsung ke pihak asuransinya, atau lihat di website mereka.

      Delete
  16. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  17. Btw au juga dong mba di emailin contoh2 suratnya ke ronafirmana@ymail.com, makasih ya mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sinta,
      wah maaf saya juga gak tau kalo mahasiswa bagaimana urusannya. Mungkin bisa kamu tanyakan langsung ke embassy, mereka biasanya sangat informatif kok. Itu, nomor teleponnya udah saya cantumkan di atas, ya. Kalau contoh surat saya cuma ada yang buat orang bekerja.

      Delete
  18. waktu reservasi fery juga lewat booking.com mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. reservasi feri saya lakukan di website lain, Mbak Putri. Baru saja saya update blogpost tentang budget untuk trip Yunani ini, saya tambahkan informasi website booking feri. Mbak bisa langsung klik saja http://sapijalanjalan.blogspot.co.id/2015/08/greece-budget-kisaran-biaya-jalan-jalan.html .
      Semoga membantu, ya..

      Delete
    2. oh maaf gak bisa diklik ya, copy paste ke browser aja mbak :)

      Delete
  19. Oya mba, kalo misalnya udah tamat kuliah tp ga kerja, pake surat sponsor dari orang tua aja boleh kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf Mbak, saya kurang paham. Seperti jawaban saya sebelumnya, silakan tanyakan langsung ke kedutaan Yunani. Ada nomor teleponnya di atas :)
      Semoga berhasil.

      Delete
  20. seru banget, Neng! gile ribet juga ya mo wisata ke ranah Tante Yunani ini...?! Saya lima tahun terakhir ini bolak-balik ke Negeri Tante Elizabeth, ngerasa aplikasi visa nya ya sama-sama aja.. ternyata... Well, jadi medio Mei nanti temen2 sy di Inggris ngajakin tur ke pulau Kreta, Cuma 5 hari. Boleh numpang hotel mereka dll (asiik..). But, meanwhile akika kudu ngurus dulu ya segala nitty gritty bikin visa Yunani ini.. Thanks banget atas info nya, sangat membantu., Nanti kalo sy mulai/sudah aplikasi visa Greece ini, mau bagi pengalaman juga disini.. *Cheers, Duan di Bogor*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai, Duan! Iya, lumayan ribet, apalagi buat saya yang belum pernah ngurus visa ke Eropa sebelumnya.
      Wah, semoga lancar ya trip kamu. Di Kreta mau ke mana aja tuh rencananya? jangan lewatkan Samaria Gorge! hehehee..
      ditunggu ya ceritanya :D

      Delete
  21. Hi hi! Mau nanya dong... Di persyaratan pengajuan visa schengen lewat embassy yunani di atas disebutkan bahwa tiket ke Greece nya musti PP ya? Ga bisa one way ticket? Kalo misal tiket saya berangkat lewat greece, pulang lewat madrid, apakah nanti bakal bermasalah?
    Thankyou sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Riska,
      mesti PP sebenarnya gak mesti dari Yunani, sih. Bisa aja pergi/pulangnya gak ke/dari Yunani. Tapi yang penting trip itu udah ada tiket pulang dan perginya, dan udah jelas rencana perjalanannya :)

      Delete
  22. Oh begitu,
    okaaay, thankyou ya infonya :)

    ReplyDelete
  23. Syarat minimal tabungan berapa ya

    ReplyDelete
  24. Malam,sy bisa minta no contac nya tidak,mau tanya tentang pengajuan visa. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Renita,
      silakan tinggalkan alamat email kamu di sini, nanti saya kontak :)

      Delete
  25. Hallo, mau tanya.. kalau saya tidak bekerja, apakah surat keterangan SIUPP dan dari kemenlu itu harus ada juga? Thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hm, saya juga kurang paham kalo situasinya begitu. Mungkin kamu bisa langsung tanyakan ke Kedutaan Yunani, di nomor telepon yang sudah saya cantumkan :)

      Semoga berhasil.

      Delete
  26. kak Vira boleh minta contoh surat keterangan kerja yang menyebutkan kalo istri akan ditanggung biayanya selama di perjalanan? aku deg-degan nihh pengen ngurus Schengen dari kedutaan Yunani juga tapi agak ngeri soalnya kok prosesnya lama banget 2 minggu T_T

    email : rintaadita@gmail.com

    ReplyDelete
  27. kak Vira boleh minta contoh surat keterangan kerja yang menyebutkan kalo istri akan ditanggung biayanya selama di perjalanan? aku deg-degan nihh pengen ngurus Schengen dari kedutaan Yunani juga tapi agak ngeri soalnya kok prosesnya lama banget 2 minggu T_T

    email : rintaadita@gmail.com

    ReplyDelete
  28. kak Vira boleh minta contoh surat keterangan kerja yang menyebutkan kalo istri akan ditanggung biayanya selama di perjalanan? aku deg-degan nihh pengen ngurus Schengen dari kedutaan Yunani juga tapi agak ngeri soalnya kok prosesnya lama banget 2 minggu T_T

    email : rintaadita@gmail.com

    ReplyDelete
  29. Anonymous1:31 PM

    Kak kalo pas wawancara visa yunani pake bahasa apa yaa ? B.ing nyaa belepotan nih hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu sih saya pake bahasa Inggris.. Kurang tau juga apakah stafnya ngerti bahasa Indonesia, ya..

      Delete
  30. Surat keterangan kerja dari perusahaan, masih harus dilegalisir oleh notaris, Kemenlu, dan Kemenkumham? Jadi dilegalisir tiga kali begitu? Ribet banget, yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, memang ribet...

      Delete
    2. Anonymous8:26 PM

      Dear Mba Vira, waktu itu untuk urus 3 legalisir itu, makan waktu berapa lama ya? Apakah harus bayar juga atau gak? Dan prosedurnya gmn ya? Terima kasih banyakkkk ya Mba, dinanti jawabannya, pake banget, hehee... :) email saya @astri.riyadi@gmail.com, tapi kalu mau balas reply di comment jg boleh.. many thanks!

      Delete
    3. Waktu itu sih gak nyampe seminggu, lupa berapa hari tepatnya. Secara resmi sih nggak bayar. Prosedurnya, datang aja ke kemenlu dan bawa semu persyaratan, lupa juga nama loketnya apa. Kalo nanya sama security di sana pasti pada tau deh.

      Delete
  31. Halo Mbak Vira...
    Bisa tolong diemailkan contoh surat kalau biaya kita ditanggung sama orang lain? lie.susann@gmail.com
    Terima kasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Susan,
      sudah saya email ya..

      Delete
    2. Hallo mb vira yg baik, sy minta jg dong contoh surat biaya yg ditanggung orang lain... Klo tdk keberatan krm ke email sy tyasdaniella@yahoo.com

      Delete
  32. hi
    makasih infonya.
    mau tanya soal surat pengantar dari kemenlu dan kemenhumham itu kayak apa ya?
    kita yang buat atau dapat dari mereka?
    makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Rully,
      surat pengantar kita sendiri yang bikin. inti dari isi surat sudah saya jelaskan di dalam artikel. waktu itu sih suami saya bikinnya berdasarkan contoh-contoh yang dia temukan di google.

      Delete
  33. Hi Vira, salam kenal!
    aku berencana juga nih mau ke Greece like next month.
    baca syarat buat visanya jadi semangat..
    tapi bagian ribet yang legalisir SIUPP TDP perusahaan itu ya?
    berarti kudu ke Kemenlu dong ya?
    Tapi mereka pihak kedubes kasih tau kan ya harus legalisirnya kemana2nya?
    Btw, boleh minta itinerary kalian selama di Yunani ga? *begging*
    thank you in advance :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ayi,
      salam kenal juga!
      Iya, memang sedikit ribet bagian SIUPP dsb itu.. Yap, perlu ke Kemenlu. Pihak kedubes Yunani biasanya baik kok, menjawab pertanyaan kita. Waktu itu saya dibantu orang Kemenlu, kalau kamu mau kontaknya bisa saya kasih lewat email. Minta alamat email kamu ya.

      Kamu mau berapa lama di Yunani? Itinerary saya nggak detail, dan lumayan panjang kalo mau dituliskan karena sebulan di sana..hehehe.. Tapi kalo tujuan kota2nya aja sih gini:
      Athena – Santorini (Oia, Fira, Akrotiri) – Milos – Mykonos (dan Delos) – Athena – Kreta (Chania, Samaria Gorge, Iraklio) – Thessaloniki – Litochoro (Gunung Olympus) – Kalabaka (Meteora) – Athena (dan Hydra).

      semoga membantu :)


      Delete
  34. Hi Vir, thanks a lot replynya. Boleh minta contact kemenlu nya? Email ku adrian.prasetyo@yahoo.com
    Rencana si 10 hari aja disana... Klo boleh juga nyontek itinerarynya ya Vir :)

    Thanks a lot in advance! :)

    ReplyDelete

  35. Halo, saya mau tanya beberapa hal, hehe:

    1. Ttg Surat pengantar dari kantor tempat bekerja, apakah itu harus 3-3 nya (surat pengantar dari HR, fotokopi SIUPP & akta perusahaan), atau bisa pilih salah satu?
    2. Surat dari kantor kan harus di legalisir, apakah harus dilegalisir 3 pihak (notaris, kemenlu & kemenkumham) atau salah satu saja?
    3. Boleh minta contoh surat pernyataan bahwa salah satu applicants adalah tertanggung applicant lainnya? Dikirim ke mikaelyuan90@gmail.com saja hehe.

    Trims banyak, maaf pertanyaan nya banyak hehe

    ReplyDelete
  36. Halo Mikael,

    1. Iya, sebagaimana yang saya tuliskan di atas :)
    2. Iya :)
    3. Boleh, nanti dikirimkan.

    No problemo! Tapi lebih baik kalau kamu pastikan lagi ke Kedutaan Yunani, telepon aja, atau datang langsung. Soalnya, mana tahu ada peraturan yang sudah berubah per tahun ini, ya kan?

    ReplyDelete
  37. Hi Mba Vira,

    Saya,baby dan suami berencana untuk ke Yunani,jika tidak ada halangan September ini. Boleh minta contoh suratnya ya? Tolong diemailkan ke safira_sastafiana@yahoo.com

    oh ya mau nanya waktu itu mba Vira kan ga ada siup dan mba Diyan dalam suratnya menginformasikan akan menangging mba Vira.apakah saat pengajuan visa,mba Vira melampirkan fotokopi SIUP mba Diyan yg sudah dilegalisir?harus 2x legalisir kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Fira,
      hehehe.. Diyan itu suami saya, tapi dia memang sudah sering disangka 'mbak' sih karena namanya :))
      Seingat saya, iya, sepertinya saya melampirkan fotokopi SIUP yang sudah dilegalisir.
      Oke, nanti saya emailkan contoh suratnya.

      Delete
  38. Hi mba, saya rencana pengen ke Athens, berapa ideally disana ya mba? Saya domisili di Bali, pengurusan visanya apa bisa melalui agent ya? Thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak Cassandra,
      saya kurang tahu kalau melalui agen. Mungkin bisa ditanya langsung ke kedutaan lewat telepon?
      Kalau idealnya di Athena, saya gak tahu yang ideal buat Mbak berapa lama, karena saya nggak tau ketertarikan Mbak apa saja. Kalau bosan dengan sejarah, mungkin gak perlu lama2 karena kebanyakan wisata di sana berbau sejarah. Tapi siapa tau mbak ada ketertarikan lain di sana, saya gak paham. Lebih baik Mbak browsing dulu tentang apa saja yang bisa dilakukan di Athena, baru menentukan mau berapa lama di sana :)

      Delete
  39. hello mbak, mau nanya donk kalo akunya tinggalnya ngga di Indo gimana tuh?
    sama persyaratannya ato tergantung negaranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak,
      wah, saya juga nggak ngerti kalau begitu. Bisa coba tanya langsung saja ke kedutaannya mungkin?

      Delete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. Halo mba Vira...
    Trimakasih blog nya sangat membantu
    tapi, karna kebetulan saya baru 'quit my job' dan skrng posisinya saya gak ada kerjaan.
    Untuk surat keterangan kerja nya bagaimana ya?
    Atau bolehkah di emailkan contoh surat yg menyatakan kalau saya ditanggung biaya nya oleh kaka saya? Hehehe trimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  42. Eh visa 3.3 juta itu mahal vanget yaaaa, bisa buat beli tiket jkt -sg 3x pp pake garuda kalo promo di GATF hahaha

    ReplyDelete
  43. Halo Amelia, minta alamat emailnya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba vira


      trimakasih blog nya sangat membantu
      tapi, karna kebetulan saya baru 'quit my job' dan skrng posisinya saya gak ada kerjaan.
      Untuk surat keterangan kerja nya bagaimana ya?
      Atau bolehkah di emailkan contoh surat yg menyatakan kalau saya ditanggung biaya nya oleh pacar saya di SAna Hehehe trimakasih sebelumnya

      email saya : hildagee44@gmail.com

      Delete
  44. Kak Cumi, iyaaaa.. untung aja ternyata nggak semahal ituuu

    eh eh GATF oke2 banget ya harganya?

    ReplyDelete
  45. Anonymous12:15 PM

    This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  46. halo, mau tanya dong pas isi form nya kan ada poin :

    nO. 29 : entry permit for the final country of destination

    itu maksud nya apa ya? klo km di isi apa?

    thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..
      Hm, saya lupa isi apa. Tapi saya tripnya cuma ke 1 negara.. final country-nya berarti Yunani juga..
      Silakan tanyakan ke embassy aja mbak, lewat telepon mungkin.

      Delete
  47. Hi mbak, mau tanya nih. Jadi langkah pertama buat jalan2 ke yunani itu apa aja ya? Rencananya, saya mau backapckeran kesana nih hehe dan aku mau liat contoh surat2nya juga ya mba ke email sitinurlatif60@gmail.com
    makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Siti,

      Langkah pertama maksudnya dalam perencanaan atau bagaimana? Kalau saya sih dulu pertamanya baca Lonely Planet Greece, memilih daerah mana saja dan atraksi apa saja yang saya tertarik, lalu coba-coba bikin rute dan hitung biaya.
      Oke, nanti saya emailkan suratnya.

      Delete
  48. Anonymous10:12 AM

    Hi Mbak,

    Berapa ya minimal jumlah uang yang harus kita punya ditabungan untuk rekening koran (USD atau Euro)? saya dengar 30,000 euro, apa benar? :O

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mereka nggak kasih informasi berapa minimalnya, Mbak. Yang jelas, untuk trip saya yang lamanya 1 bulan sih, saya nggak nyimpan sebanyak itu, kok. Ada yang bilang, minimal sediakan sekitar 1 juta untuk tiap hari kita di sana. Tapi, itu hanya perkiraan.

      Delete
  49. Hy mba...bs lngsung bntu ga kra2..kle mba dijkrta...krn mnurut sy orng yg sdh brpngalaman lngsung klw kta ajk ke ke embasy greece lngsung kn lbih pham..jdi krn kt mngurus sndri..dn apa krang ini itu prlengkapan..prsyartanx..bd dibntu skligus mnt tlong di email kn prsyartan yg hrus dilngkapi..ke email sy aliasdifjen@gmail.com

    ReplyDelete
  50. Sy bnr ga bs pham klw ga lngsung ke kedutaan greece..lngsung..mnmal pling lma tau pling cpet brp hri dri buat visa smpai pngambilanx..bsa ditmbak cpet ga mba..ya mksudx..kya byr lbih dkit yr cpet tau ad ktng lngkp slh stu srat..yg ga mkin kt bs blak blik jkrta itu kra2..bs ga mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Elias..
      Saya jawab satu-persatu ya..
      - Perlengkapannya sudah saya tuliskan dalam blog post ini, jadi silakan dibaca saja, ngga perlu diemailkan lagi ya..
      - Saya bukan petugas kedutaan Yunani, jadi saya nggak punya kuasa apa-apa untuk mempermudah atau mempercepat proses aplikasi visa. Jadi, nggak ada gunanya kalau saya ke sana untuk visa kamu..
      - Seperti yang sudah saya jelaskan di dalam blog post ini, keterangan lebih lanjut bisa kamu tanyakan langsung ke kedutaan. Sudah saya lengkapi dengan nomor telepon kantor mereka dan email mereka. Percayalah, saya pun menelepon mereka di awal proses aplikasi, untuk menanyakan lebih jelas persyaratannya. Dan mereka waktu itu sangat informatif.
      - Pengalaman saya sih, visa saya jadi dalam 2 minggu. Tapi, mungkin tiap orang bisa beda-beda, karena tergantung kondisi kesibukan mereka juga. Entahlah, saya nggak bisa pastikan berapa lamanya untuk tiap orang.
      - Setahu saya nggak ada jalur tembak bayar lebih supaya bisa lebih cepat selesai.
      - Kalau kamu di luar Jakarta dan nggak bisa bolak-balik ke Jakarta untuk proses visa ini, saya sarankan untuk telepon kedutaannya, dan tanyakan apakah ada cara khusus untuk pendaftar visa dari luar Jakarta. Saya sendiri nggak tahu jawabannya.

      Semoga berhasil. Oh ya, agak susah baca komentar kamu, Elias, soalnya banyak kata yang disingkat..hehe.. Maaf ya kalau ternyata ada kata-kata yang saya salah mengerti.

      Delete
  51. Mbak Vira, salam kenal, Bisa dikirimkan contoh Surat pengantarnya ke email saya: paramita909@gmail,com? Thank you Mbak

    ReplyDelete
  52. Mba Vira, salam kenal. Kalau boleh minta contoh surat pengantar istri emailnya ke putrihs@gmail.com

    ReplyDelete
  53. Halo mba, kalau saya berangkat bulan oktober, kapan sebaiknya mengurus visa? thank you. dan mohon di email contoh persyaratan dan contoh suratnya. Thanks in advance 😊

    patrice.sagay@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Patrice,
      Saya nggak tahu sebaiknya kapan, tapi kalau saya sih waktu itu mulai mengurus visa 2 sebelum tanggal berangkat, dan beres sekitar 1-2 minggu sebelum berangkat :)

      Delete
  54. Anonymous12:10 PM

    Hi Mba Vira,

    Saya boleh dikirim by email contoh surat pengantar istri?

    Thanks you :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous12:11 PM

      Sampai lupa kasih emailnya hihi ke miauwbabe@yahoo.com

      Thanks

      Delete
  55. Mba blh kirim contoh surat pengantar dari eny ,, Sy mau brngkt april dengan pacar sy orang yunani,dia mau jemput saya di sini Email saya Enykarya71@gmail.com

    ReplyDelete
  56. Halo Mba Vira,

    Salam kenal, boleh minta contoh surat "suami menanggung istri selama perjalanan di Yunani"?
    email: sukamto.suci@yahoo.com
    Terima kasih banyak sebelumnya ya mba :)

    Regards,

    Suci

    ReplyDelete
  57. Halo Mba Vira

    saya mau nanya, dulu waktu mesen akomodasi buat persyaratan visa schengennya gunain booking.com yang metode bayar belakangan ya mba ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, saya pilih yang bayar belakangan dan yang bisa dibatalkan

      Delete
  58. Halo mba

    boleh saya minta contoh surat pengantarnya.
    Ini email saya billywansaga@yahoo.com
    Makasih sebelumnya.!

    ReplyDelete
  59. Halo mba

    boleh saya minta contoh surat pengantarnya.
    Ini email saya billywansaga@yahoo.com
    Makasih sebelumnya.!

    ReplyDelete
  60. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  61. Kak mau nanya donk. kalo posisinya tidak bekerja (masih kuliah) apakah bisa kita kasih surat sponsor dari orang tua?

    Ohya boleh email contoh surat pengantar sama itinerary nya ke alzamendii@gmail.com? thx kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan sih sama aja, kasih surat pernyataan bahwa trip kamu ditanggung orang tua. tapi untuk lebih jelasnya dan lebih benarnya kamu bisa tanyakan ke kedubes langsung aja via telepon, nomornya ada di atas ya.

      Delete
  62. alo.. mau nanya2 dikit niy
    1. kira2 klo akomodasinya nebeng temen better tetep booking di booking.com aja ato kasih surat keterangan dari temen disana ya?
    2. utk SIUP tadi harus dilegalisir copy-annya? klo ga dilegalisir tetep ga akan diterima? truz surat keterangan tadi (kalau ga lampirin SIUP) boleh tolong kirim ke mely.lau87@gmail.com ga? thanks.
    3. rekening koran ga harus dalam mata uang euro kan?
    4. jadi setelah ambil formulir, klo kita ud siapin smua dokumen, bisa ga lgsg submit smua dokumennya?
    thanks yakkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo..
      1. maaf, saya nggak tahu mana yang lebih baik
      2. iya. nggak tahu, tapi ya di peraturannya begitu.
      3. nggak harus.
      4. yap.
      you're welcome!

      Delete
    2. alo mba vira,

      akhirnya saya apply pake agen. niy lg deg2an nungguin kabar, doain biar diapprove ya mbak aplikasinya. btw, wkt itu mbak prosesnya 2 mggu ya dr masukin aplikasi sampai diapprove?
      truz sy ada baca di internet kalo kita harus bawa cash euro sekian jumlahnya (klo ga salah 7jutaan rupiah) dan ditunjukkin di imigrasi yunani, bener ga sih? thanksss

      Delete
    3. halo, Mely..

      semoga visanya segera diapprove, ya!
      waktu itu saya 2 minggu gara-gara dubesnya sempat keluar kota segala, padahal harusnya 1 minggu udah bisa jadi (kata stafnya).
      saya sih nggak diminta tunjukin uang tunai di sana, tapi memang ada teman saya yang mengalami hal serupa (saya lupa dia kejadiannya di imigrasi pas udah sampai di yunani atau pas mau terbang dari negara lain ke yunani).

      Delete
  63. Mbak, saya mau dong comtoh surat keterangan yg menyatakan biaya perjalanan ditanggung oleh suami. Mohon dimirim ke itapalgunadi@gmail.com. Terima kasih banyak sebelumnya.

    ReplyDelete
  64. Postingan ini sangat membantu mbak, kemarin saya dan istri membuat Visa ke Yunani via Travel Agent dan sebulan ditiktok sampe akhirnya direfund dengan alasan Kedutaan pengen kami datang sendiri. Saya udah sedih dan jadwal udah mepet, berkat baca blog ini semua lancar walaupun jarak antara keberangkatan dan pembuatan VISA itu hanya 17 hari. Akhirnya kami berangkat deh ke Yunani dan menikmati bulan madu di Santorini, hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, selamat ya Mas Hadi! Manis sekali sepertinya bulan madu di Santorini :D
      Saya senang bahwa blog ini bisa membantu trip Mas Hadi dan istri :D Makasih ya atas feedback-nya!

      Delete
  65. mbak vira, bisa minta tolong untuk contoh surat keterangan kerja dari suami itu. karena saya ibu rumah tangga. diajak ke yunani sama sponsor. dia cover semuanya. cuma d yunani 7 hari saja tyrus ke italy seminggu

    ReplyDelete
  66. Saya d undang pacar k greece.gmna contoh surat sponsor yg bakal dia kirim k saya? Thanks
    jessica_8578@yahoo.com

    ReplyDelete
  67. Hi mba Vira, boleh minta contact kemenlu nya? Sekalian contoh surat menyuratnya :) Email ku anggiamurti@ymail.com
    Rencana sih 7hari aja disana.

    Thanks a lot in advance! :)

    ReplyDelete
  68. Halo kak, mau tanya.. kaka waktu itu ke Mount Olympus ya? disana kegiatannya ngapain aja kak? lalu apakah disana ada semacam tour nya? Karena saya hanya berdua dan kalau jalan2 ke gunung ga pake pemandu kayanya serem juga hehee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Dhiya.
      di sana cuma hiking aja, nikmatin pemandangan. Saya nggak tau ada tour-nya apa nggak, dan saya hiking cuma berdua juga kok. Di sana udah biasa orang-orang hiking tanpa pemandu. Rasanya sih, medannya jauh lebih aman dibandingkan gunung-gunung di Indonesia. Jalan setapak udah jelas, banyak petunjuk di sana (peta, penunjuk arah), dan kalo kamu riset dulu di internet juga udah banyak website/blog yang menceritakan tentang cara / rute mendaki di sana.
      Kalo saya, pernah menuliskannya di sini aja https://sapijalanjalan.blogspot.co.id/2016/01/mendaki-gunung-olympus-mengunjungi.html

      Delete
  69. hai mba vira
    trimakasih blog nya sangat membantu
    tapi, karna kebetulan saya baru 'quit my job' dan skrng posisinya saya gak ada kerjaan.
    Untuk surat keterangan kerja nya bagaimana ya?
    Atau bolehkah di emailkan contoh surat yg menyatakan kalau saya ditanggung biaya nya oleh pacar saya? Hehehe trimakasih sebelumnya


    ini email saya : hildagee44@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba hilda,
      wah maaf, kalau untuk kondisi mbak saya kurang tau juga bagaimana mesti bikin contoh suratnya. mungkin pacar mbak saja yang bikin dan menyatakan bahwa dia yang akan menanggung biaya mbak. atau lebih baik tanyakan langsung ke kedubes yunani. kontaknya ada di atas.
      semoga berhasil :)

      Delete
  70. Hallo mbak vira
    Maaf sebelumnya mau banyak bertanya
    Mba aku rencana tahun ini mau ke yunani untuk mengunjungi pacar saya heheh.. Jadi malu dan pacar saya sudah membuat privat invite visa buat saya
    Apakah saya juga harus masih booking hotel dan lainya
    Saya bukan pelajar dan bukan karyawan rencana saya akan menggunakan sponsor orang tua saya hehe bisaa tolong infokan apa saja yang saya butuhkan
    Dan kalau rekening saya kosong dalam jangka 3 bulan keberangkatan dan hanya ada uang skali trf seber 14jt untuk 2 minggu dri orang tua sya apa saya bisa jadikan sbagai persyarta atau di buat rekening koran , trima kasih mbak

    Email : laurennasamiharja@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo lauren,
      sepertinya masih harus booking hotel, kecuali mungkin kalo pacar kamu menyatakan bahwa dia juga menyediakan tempat menginap untuk kamu selama di sana.
      tapi untuk lebih jelasnya, dan untuk pertanyaan lainnya, sebaiknya kamu tanyakan langsung ke kedubes, karena sayapun nggak begitu mengerti.
      semoga berhasil :)

      Delete
  71. Hey mbak Vira blognya sangat bagus, saya Wayan dari Bali mau apply Schegen Yunani visa buat di kapal pesiar ke berangkatan 10 Agustus.
    Bisa bantu saya mbak buat apply Schegen visa, posisi sekarang saya masih di Bali.
    Ini alamat email saya: wayanseniawan@yahoo.com

    Kindly i need your advice please.

    Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Bli Wayan.
      Maksudnya bantu bagaimana ya? Yang saya tahu tentang aplikasi visa semuanya sudah saya tuliskan di blog post ini :)

      Delete
    2. Thank for reply.

      Kalo nyari Schegen Yunani visa buat ke kapal persyaratanya sama ya?

      17 July saya ke jakarta siapa tau dapet ketemu :)

      Terimakasih.

      Delete
    3. buat ke kapal maksudnya bagaimana? naik kapal pesiar? saya nggak tahu apakah persyaratannya dibedakan/sama saja.
      silakan tanyakan langsung saja ke kedubes yunani, supaya jelas. nomor teleponnya ada di atas ya.
      saya bukan agen travel, jadi nggak tau lebih banyak :)

      Delete
  72. Tifanny11:28 PM

    halo mba vira, thank you atas informasinya, kebetulan saya mau apply visa ke yunani, boleh minta contoh surat keterangan yang sudah dilegalisasi kah? dan contoh surat yang akan menanggung biaya selama disana. Mohon diemail ke valentina.rianto@gmail.com. makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  73. Hai Kak Vira,

    Duh senangnya nemu blog ini, Aku ada plan ke Yunani awal tahun. Boleh nggak kak aku di emailin contoh surat keterangan kerja yang sudah dilegalisir, oh iya mau konfirmasi berarti harus legalisir notaris juga y kak,?notarisnya boleh sapa aja gitu? kalau kemenlu dan kemenhumkan kan jelas ya. Then boleh juga ya share contoh surat untuk menanggung biaya, karena saya mau ajak orang tua yang pensiun. Ini email saya adhikadibya@yahoo.com. Thank you kak =)

    ReplyDelete
  74. Last update dari Greece Embasssy (15 Sep 2017)
    surat keterangan kerja sudah tidak perlu ke Kemenlu & Kemenkumham yaaaa
    semoga membantu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gitu ya Mbak? waahh, asik dong ya!
      makasih update-nyaa :D

      Delete
    2. Kalau SIUPP tetap di legalisir kemenlu dan kemenkumhan?

      Delete
  75. Hallo mba vira blognya bagus banget. Insyaa allah akhir tahun ini ada rencana single traveler kesana. Boleh minta tolong di emailkan contoh surat keterangan kerja nya mb? ke : dwiwidyastuti49@gmail.com
    Makasi sebelumnya

    ReplyDelete
  76. Mitha Yasella9:00 PM

    hi mba vira boleh dibantu juga format surat pengantar dan surat yang menanggung orang lain selama dalam perjalanan bisa di email ke saya mba? hehe

    mithayasella@gmail.com

    thank you :3

    ReplyDelete
  77. saya juga minta surat keterangan kerja nya mbak ini email saya
    email : afiffikriafif@gmail.com

    ReplyDelete
  78. anggi5:57 PM

    hai mbak vira, boleh minta tolong dikirimkan contoh itinerary yang mbak pakai pada saat pengajukan visa,ke email arymanis82@gmail.com

    terima kasih ya mbak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan ada di sini https://sapijalanjalan.blogspot.co.id/2016/06/greece-itinerary-for-whole-month.html

      Delete
  79. Hi Mba Vira,
    Boleh share surat keterangan kerja ke asyams85@gmail.com ... :)
    Dan untuk tanda tangan penanggung perjalanan harus legalisir ke notaris, kemenkumham, dan deplu? Boleh share caranya?
    Thanks mba Vira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Azhar,
      Coba lihat komen Mbak Tania di atas, ada update terbaru :)

      Delete
  80. Halo,
    Ini untuk memberi tahu masyarakat umum bahwa Nyonya Rose Badmus, pemberi pinjaman pinjaman swasta telah membuka kesempatan finansial bagi siapa pun yang membutuhkan bantuan finansial. Kami memberikan pinjaman kepada perorangan, perusahaan dan perusahaan dengan syarat dan ketentuan yang jelas dan dapat dimengerti hanya dengan suku bunga 2%. hubungi kami hari ini melalui e-mail agar kami bisa memberikan syarat dan ketentuan pinjaman kami di: (roseofsharonfinance@gmail.com)

    ReplyDelete
  81. Siang mba Vira, minta contoh surat penjamin Dr suami atau sponsor.apakah surat tersebut juga harus di legalisir Kemenkumham dll? Mohon info kontak untuk legalisir,mba. Makasih

    ReplyDelete
  82. Hai mba Vira.. salam kenal ya.. seneng banget ketemu blog ini saat saya sedang bingung mau apply visa yunani.
    Mba, boleh minta cth surat rekomen dari tempat bekerja? Format nya spt apa ya?
    Dan untuk saldo mengendap itu dilihat dari printout terakhir rek koran nya ya? Misal 10 hari jd kurang lbh 10juta gitu?

    Oya, ini email saya: nanathreesna@gmail.com

    Makasi banyak sblumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak,
      untuk saldo, nggak pernah ditentukan jumlahnya. saya cuma mengikuti saran teman2 yang udah sering ke Eropa, yaitu anggarkan 1 juta per hari. dan sebaiknya uang yang mengendap itu udah ada di rekening minimal dari 3 bulan sebelumnya.
      Surat saya email ya.

      Delete
  83. Anonymous4:26 PM

    Masa berlaku visa dapat brp lama kak thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sih waktu itu cuma dapat sebulan sesuai tanggal tiket pergi dan pulang aja

      Delete