Feb 24, 2017

10 Lagu Favorit di Perjalanan Sepanjang Masa



Sebagai orang yang suka melamun, kehadiran musik dalam bagian monoton suatu perjalanan seringkali penting buat saya. Musik yang pas bisa makin membuat lamunan saya ke mana-mana, sekaligus membuang rasa bosan. Setidaknya itu dulu, saat saya masih rajin bikin playlist di iPod sebelum tiap perjalanan.

Sekitar tiga tahun belakangan ini saya sudah jarang bikin playlist. Awalnya karena bingung dengan perubahan fitur iTunes. Lalu saya lupa kenapa lagi, yang jelas lama-kelamaan saya nggak merasa sebosan dulu kalau harus menempuh perjalanan berjam-jam tanpa mendengarkan musik favorit. Mungkin karena bertambah usia, agak makin toleran dengan hal-hal monoton. Mungkin juga karena saya jadi lebih tertarik dengan apa yang terjadi di luar kepala saya, misalnya mendengar obrolan orang-orang di perjalanan atau suara-suara alam. Mungkin juga karena saya sudah semakin piawai dalam melamun. Entahlah.

Namun begitu, saya tetap siap dengan lagu-lagu dalam perjalanan, yang kini cukup saya dengar dari ponsel. Koleksi lagunya ada dari masa saya kecil hingga lagu-lagu hits terkini.
 

Dalam tema blogging challenge “10 Lagu Favorit di Perjalanan” ini, saya akan menyebutkan lagu-lagu yang sering saya dengar di perjalanan dari dulu sampai sekarang, dan yang rasanya paling berkesan di hati. Urutannya acak, dan saya ambil dari macam-macam perjalanan.

1. “Northern Lights” - Lux
2. “Letting the Cable Sleep” – Bush

Dua lagu ini saya tahu dari album Café del Mar Vol. 7 yang dirilis tahun 2000. Buat saya, dua lagu ini romantis, manis, santai, paling pas untuk rileks di pantai sambil dengar ombak.

3. “Have A Nice Day” – Stereophonics"
4. “Heartbeat” – Tahiti 80

Dua lagu manis dan ceria tapi nggak bikin diabetes ini sangat berkesan buat saya ketika di tahun 2007 saya berlibur di Kuala Lumpur dan pulang sendirian karena teman saya sudah pulang duluan. Saya ingat rasa senang, puas, dan mulai move on dari patah hati yang belum lama terjadi waktu itu.

5. “Santorini - Live” – Yanni

Ini khusus untuk perjalanan ke Yunani seperti yang pernah saya tuliskan di sini. Walaupun judulnya “Santorini”, lagu ini paling berputar kencang justru pas saya melihat amfiteater di Athena, tempat Yanni pernah konser besar.

6. “Like A Virgin” – Madonna
7. “Material Girl” – Madonna

Ini hanya dua dari banyak lagu Madonna di tahun ‘80an yang saya sekeluarga dengar di mobil saat kami road trip dari Lampung ke Bali. Sampai sekarang kalau mendengar lagu-lagu ini atau lagu lainnya dari album yang sama, saya pasti teringat akan trip penuh cerita itu.

8. “Closer” – The Chainsmokers feat. Halsey
9. “Delirious (Boneless)” – Steve Aoki feat. Chris Lake
10. “Home We’ll Go” – Steve Aoki feat. Walk Off The Earth


Tiga lagu yang lumayan kekinian. Tahun lalu saya baru mulai menggandrungi Steve Aoki berkat musiknya dan karakternya di dokumenter “I’ll Sleep When I’m Dead”. Sedangkan The Chainsmokers.. oh, man! They simply sound sexy and cool.

Lagu apa saja yang kamu suka dengarkan di perjalanan?

*Ini adalah tema ke-23 dari 28 Days Blogging Challenge. Woohoo! Tinggal 5 hari lagi!

5 comments:

  1. 6 dan 7 aku juga suka!

    Btw, itu asik banget roadtrip dari Lampung sampai Bali. Berapa hari di jalan, Vir?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 6 & 7 nostalgic banget ya! haha

      nggak inget tuh berapa hari di jalan, soalnya sering banget berhenti2 di jalan, mampir sana-sini sekalian wisata di kota-kota yang dilewati juga di Jawa..

      Delete
  2. Aku kok fokus ke sini ya

    Saya ingat rasa senang, puas, dan mulai move on dari patah hati yang belum lama terjadi waktu itu.

    Bacanya bikin senyum.
    Aku ga familiar sama lagu-lagumu, ilmuku soal lagu berhenti di Nike Ardilla. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahaha... kamu yang suka yang mellow-mellow ya :-*

      busyet, Nike Ardilla.. pasti dia tersenyum dalam kubur kalau tau lagu2nya masih dikenang :')

      Delete
  3. keren.. lagu favorit sepanjang masa..

    ReplyDelete