Feb 20, 2017

By Vira Tanka, Dari Sketsa Menjadi Scarf dan Lain-lain

Scarf: Oia Blue Dome - By Vira Tanka

Foto ini diambil tahun lalu, tepatnya di bulan Juli, saat saya dan Diyan berlibur diBandung setelah Lebaran. Kain yang saya pegang itu adalah scarf dengan gambar yang dicetak dari sketsa saya sendiri. Waktu itu saya hanya coba-coba, ingin tahu seperti apa jadinya kalau sketsa saya dijadikan scarf. 

Begitu saya pasang foto ini di Instagram, muncul komen-komen positif. Lalu ada permintaan dari beberapa orang, sehingga saya pun mulai menjadikan scarf sketsa ini bisnis. Saya juga mulai membuat gambar yang sengaja untuk dijadikan desain pada scarf, bukan hanya mengandalkan sketsa yang sudah ada.

Membuat bisnis menggunakan sketsa sendiri awalnya nggak terpikirkan oleh saya. Mundur setahun lagi ke Juli 2015 saat saya ikut acara Urban Sketchers Symposium Singapore, kakak saya bertanya di Instagram, "Nanti gambarnya diapain? Dijual nggak?" Hm. Waktu itu saya berpikir, memangnya ada yang mau beli?

Semakin sering saya memamerkan sketsa di media sosial, semakin bertambah pertanyaan dan usulan senada. Maka ketika banyak sambutan baik terhadap scarf pertama saya itu, saya pun mulai menyusun strategi bisnis (yang masih sangat amatir). Bisnis ini pula yang menjadi salah satu alasan saya berani berhenti ngantor di bulan lalu, yaitu agar bisa lebih fokus mengembangkannya.

Kini sudah sekitar enam bulan berselang sejak scarf pertama terjual. Semakin variatif gambar yang jadi pilihan pembeli, dan semakin variatif jenis produk yang saya hasilkan. Mulai dari scarf, kini saya juga bikin bandana, notebook, tumbler,mug, tote bag, dan string bag. 

Perkembangan yang lebih menyenangkan lagi adalah kini By Vira Tanka sedang bekerja sama dengan Ibupenyu trip organizer, yang didirikan oleh teman baik saya Vindhya. Kami mulai dengan jenis-jenis produk seperti biasa, tapi dengan gambar yang khusus saya buat untuk kerja sama #ibupenyubyviratanka ini. Seri pertama adalah hewan-hewan yang populasinya sudah mengkhawatirkan - penyu, hiu paus (whaleshark), orangutan, dan pari manta (manta ray). Sambutan dari pembeli cukup menyenangkan, dengan notebook dan string bag sebagai produk terlaris. 

Projek #ibupenyubyviratanka ini bukan sekadar jualan. Kami akan menyumbangkan 10% dari profit ke lembaga/gerakan sosial tiap 3 bulan. Untuk 3 bulan pertama ini (Februari-April 2017) sumbangan akan diberikan kepada Kampung Penyu di PulauSelayar. Sebisa mungkin penerima sumbangan berada di salah satu destinasi trip Ibupenyu, walaupun tidak menutup kemungkinan untuk yang lainnya. 

Ya begitulah, perbedaan yang terjadi pada saya terhitung dari tahun lalu. Senang, karena saya merintis sesuatu dari hobi, mulai belajar hal-hal baru, dan tentunya masih punya banyak hal untuk dipelajari buat mengembangkan By Vira Tanka.

Baiklah, saya pamit dulu ya, mau membungkus beberapa pesanan!


By Vira Tanka
Email pesanan ke: heyviratanka@gmail.com








* Tema 28 Days Blogging Challenge kali ini adalah "a photo of you from last year and how you've changed". 

O ya, kamu sudah ikut GIVEAWAY dari blog post yang ini belum? Hadiahnya kece, lho!


6 comments:

  1. Aku pelanggan yang puas dari #ByViraTanka :D

    Setiap kali pakai scarf ubur-ubur, pasti ada yang komen 'ih, lucu amat scarf-nya' atau minimal ngelirik penasaran, hihi.

    Semoga #ByViraTanka makin laris ya, Vir!

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaaaaww, makasih katitiiii :")
      aku pun senang kalo pelanggan puaaasss :D
      amin amin, makasih doanya, kaakk :D

      Delete
  2. Jangan lupa bungkus pesananku dengan manja yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. pesan dulu yang manja kaaakk :P

      Delete
  3. Aku suka scarfnya mbaaa, mau pesen ngga jadi2 huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Sandraa... ayoo pesan, pilih, jangan ragu-raguuu :D

      Delete